6.000 Pengemudi GO-JEK Jalani Tes 'Safety Driving' Bersama Rifat Sungkar


Hingga hari ini sudah ada 800 pengemudi GO-JEK yang mengikuti pelatihan smart driving bersama Rifat Drive Labs (RDL) yang berlangsung di lapangan terbang Pondok Cabe, Pamulang, Kamis (9/7), di mana per hari ada 100 hingga 120 driver GO-JEK.

Kegiatan ini sudah berjalan sejak tanggal 1 Juli lalu. Untuk sesi awal, diperkirakan efektif 60 hari ke depan akan masuk 6000 driver yang menjalani serangkaian tes dari tim RDL. Adapun trek yang disuguhkan dari tim RDL ada 6, di mana masing-masing dipandu 1-2 instruktur RDL.

Menurut keterangan salah satu trainer RDL, pelatihan ini sesungguhnya hanya untuk mendidik para driver, jadi bukan masalah lulus atau tidak lulus. Seperti edukasi pengetahuan soal motor, mesin dan segala perangkat yang berhubungan dengan motor sembari mengingatkan mereka soal pelengkap berkendara.

“Karena masing-masing orang ketika berkendara kan beda-beda, maka dari itu kami ingin menetapkan standar keamanan terpadu melalui (pendidikan, red) ini,” ungkap salah satu tim RDL.

Dari mereka yang mengikuti pelatihan ini, hampir 80% sudah memiliki SIM. Sisanya belum punya dan belum diurus.

“Disini karakter berkendara mereka terlihat. Dari yang nervous, sampai yang pura-pura baik. Kami cukup mudah menilai cara berkendara mereka,”ujarnya.

Sementara itu, Maulana Pandu salah satu perwakilan GO-JEK yang hadir dalam pelatihan mengatakan, “Kami kaget karena melebihi ekspektasi, tapi kami tak memiliki target khusus bagi armada Gojek.”

Para pengendara GO-JEK wajib mengikuti pelatihan GO-JEK Street Smart Program yang mencakup teori-teori berkendara seperti defensive riding, keamanan dan kenyamanan dalam berkendara serta teknik-teknik lainnya yang lebih spesifik. Setelah mengikuti pelatihan tersebut setiap pengendara GO-JEK diharuskan untuk melakukan ujian praktek.

RDL adalah konsultan keselamatan berkendara yang berdiri pada1 November 2014, yang berfokus pada pelatihan mengemudi secara aman bekerjasama dengan GO-JEK dalam Street Smart Program.

(rr)

Contact us


PT. Bening Komunika Internasional

Beltway Office Park
Tower A Lt. 8
Jl. TB Simatupang Kav 41
Jakarta, 12250

info@bening-communication.com

+62-21-78843244 (hunting)
+62-21-78843245 (fax)
+62-81932681999 (mobile)